Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI jenjang sarjana dan vokasi akan berlangsung pada esok hari yakni Minggu, 9 Juli 2023. Untuk detikers yang belum memiliki kartu ujian, pastikan untuk mengunduhnya di laman penerimaan.ui.ac.id.
Hal ini penting dilakukan karena kartu ujian memuat jadwal atau jam yang telah ditentukan untuk tiap-tiap peserta. Selain itu, pastikan juga untuk mengetahui berbagai ketentuan dalam pelaksanaan ujian SIMAK UI 2023.
Apa saja? Berikut 14 ketentuan pelaksanaan SIMAK UI 2023 dirangkum detik Edu dari laman resmi UI, Sabtu (8/7/2023).
14 Ketentuan SIMAK UI 2023
1. Materi Tes
Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPA)
Hari Minggu, 9 Juli 2023 pukul 08:00 - 09:00 WIB
Zona waktu lain harap menyesuaikan.
Subtes Kemampuan Dasar:
Matematika Dasar (20 menit)Bahasa Indonesia (20 menit)Bahasa Inggris (20 menit)
Kemampuan IPA (untuk pilihan prodi IPA & IPC)
Hari Minggu, 9 Juli 2023 pukul 09:30 - 11:30 WIB
Zona waktu lain harap menyesuaikan
Subtes Kemampuan IPA:
Matematika IPA (40 menit)Biologi (20 menit)Fisika (30 menit)Kimia (30 menit)
Kemampuan Dasar (hanya untuk pilihan prodi IPS & IPC)
Hari Minggu, 9 Juli 2023 pukul 13:00 - 14:00 WIB
Zona waktu lain harap menyesuaikan
Subtes Kemampuan Dasar:
Matematika Dasar (20 menit)Bahasa Indonesia (20 menit)Bahasa Inggris (20 menit)
Kemampuan IPS (untuk pilihan prodi IPS & IPC)
Hari Minggu, 9 Juli 2022 pukul 14:30 - 15:30 WIB
Zona waktu lain harap menyesuaikan
Subtes Kemampuan IPS :
Ekonomi (15 menit)Sejarah (15 menit)Geografi (15 menit)Sosiologi (15 menit)
2. Ketentuan Perangkat
Perangkat yang harus digunakan dalam pelaksanaan SIMAK UI harus memiliki kamera dan mampu menjalankan program browser Google Chrome atau Firefox. Perangkat yang disarankan adalah laptop dengan kamera, komputer desktop dengan webcam, tablet, atau ponsel dengan resolusi minimal 1280 x 720.
3. Pemakaian program browser lainnya
Peserta dapat menggunakan browser lain sebagai browser cadangan jika google chrome atau firefox mengalami kendala. Namun, langkah ini tidak direkomendasikan.
Jika tetap ada kendala pada browser cadangan, peserta disarankan untuk mengganti perangkat.
4. Perangkat cadangan
Untuk menghindari kendala teknis pada perangkat utama, peserta disarankan untuk menyiapkan perangkat cadangan berupa tablet dan smartphone. Tidak ada ketentuan terkait jenis atau merek tertentu sebagai perangkat ujian, hanya cukup pastikan bila perangkat bisa mengakses program browser google chrome atau firefox.
5. Waktu Istirahat
Peserta diperbolehkan istirahat saat jeda antar jam ujian untuk ke kamar kecil dan minum. Namun, 15 menit sebelum materi ujian kedua dimulai, peserta diharuskan login kembali.
6. Perbedaan Kode dan Nomor Ujian
Kode ujian didapatkan peserta pada hari ujian yakni 9 Juli 2023 dan harus ditempel di baju peserta dengan selembar kertas yang bisa terlihat oleh kamera. Pastikan untuk menggunakan pakaian rapi.
Sedangkan nomor ujian digunakan untuk login ke laman ujian bersama dengan nomor identitas.
7. Ujian Esai
Untuk diingat untuk SIMAK S1 Reguler dan Vokasi tidak ada materi ujian esai.
8. Ketentuan Nilai
Terdapat pengurangan nilai untuk jawaban salah di SIMAK UI. Bila benar nilai akan +4, tidak diisi 0, dan salah -1. Ketentuan ini berlaku di semua mata uji termasuk Kemampuan Dasar, IPA, dan IPS.
9. Kartu Ujian
Kartu ujian disarankan untuk dicetak agar memudahkan peserta untuk proses login 15 menit sebelum ujian dimulai.
10. Mengubah Jadwal
Peserta tidak bisa melakukan perubahan jadwal atau sesi ujian. Ujian dilaksanakan serentak pada tanggal 9 Juli 2023. Tidak ada ujian susulan maupun jadwal lain selain yang tertera di kartu ujian.
11. Cara pindah perangkat jika ada kendala
Ketika terjadi kendala koneksi, peserta bisa menutup halaman pada perangkat utama dan buka kembali di perangkat baru. Waktu ujian akan berlanjut ketika peserta log in kembali dan lanjut mengerjakan.
12. Kendala Serius
Ketika terjadi kendala serius yang tidak diatasi oleh peserta, langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Usahakan untuk ganti perangkat atau koneksi.
Bila tidak bisa, peserta dapat melaporkan detail masalah melalui alamat email penerimaan@ui.ac.id.
13. Format pelaporan email
Format pelaporan email:- Tulis identitas (nama lengkap, nomor ujian, browser dan versi yang digunakan, OS komputer (windows/iOS/Linux) dan alamat email.- Ceritakan detail permasalahan
14. Risiko Kecurangan
Bila peserta ditemukan melakukan kecurangan, pembatalan hasil seleksi akan diterima peserta. Sistem akan mendeteksi dengan ketat segala bentuk pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan peserta. Jadi, hati-hati dan waspada ya!
Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2023 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian. Menu Log in baru dibuka setelahnya (15 menit sebelum ujian). Jika halaman tidak berubah, muat ulang laman (refresh).
Untuk menghindari berbagai kendala, ada baiknya detikers mengunjungi laman ujian H-1 untuk memantau ada tambahan informasi lainnya. Selamat ujian dan semoga berhasil!
Komentar
Posting Komentar